Konfigurasi Cacti Di Debian Serta Penjelasannya

Comon Tech - Oke disini saya akan menjelaskan apa itu cacti dan konfigurasinya, ada yang tahu kah apa itu cacti ???? mungkin sebenarnya Cacti itu jarang banyak di dengar oleh para orang - orang nah disini saya kan menjelaskan apa itu cacti. mari kita simak dengan baik dan benar jadi  CACTI adalah satu aplikasi open source yang merupakan solusi  pembuatan grafik network yang lengkap yang didesign untuk memanfaatkan kemampuan fungsi RRDTool sebagai  peyimpanan data dan pembuatan grafik. Cacti menyediakan pengumpulan data yang cepat, pola grafik advanced, metoda perolehan multiple data, dan fitur pengelolaan user. Semuanya dikemas secara intuitif, sebuah interface yang mudah digunakan  mudah dipahami untuk local area network hingga network yang kompleks dengan ratusan device. Dengan menggunakan cacti kita dapat memonitor trafik yang mengalir pada sebuah server.

Konfigurasi Cacti Di Debian

Pengertian Cacti

Jadi Cacti adalah salah satu software yang digunakan untuk keperluan monitoring yang banyak digunakan saat ini. Cacti menyimpan semua data / informasi yang diperlukan untuk membuat grafik dan mengumpulkannya dengan database MySQL.

Cacti juga merupakan aplikasi monitoring open source dan berbasiskan web. Cacti pada umumnya dibuat untuk membuat data grafik seperti kinerja CPU dan bandwidth. Cacti khususnya digunakan pada antar muka switch dan router jaringan lewat snmp untuk memonitor trafik jaringan. Cacti sendiri merupakan complete network graphing solution yang didesain dengan memanfaatkan PRD tool untuk data storage dan fungsi dari graphing tersebut. Di dalam cacti terdapat beberapa fitur yang digunakan untuk proses monitoring dari cacti tersebut. Fitur dari cacti tersebut adalah:

Ujung depan dapat menangani beberapa pengguna, masing-masing dengan set grafik mereka sendiri, sehingga kadang-kadang digunakan oleh web hosting penyedia (terutama dedicated server , virtual private server yang , dan penyedia kolokasi) untuk menampilkan statistik bandwidth yang untuk pelanggan mereka. Hal ini dapat digunakan untuk mengkonfigurasi pengumpulan data itu sendiri, yang memungkinkan setup tertentu dipantau tanpa konfigurasi manual RRDtool. Cacti dapat diperpanjang untuk memantau sumber melalui skrip shell dan executable.

Cacti dapat menggunakan salah satu dari dua kembali berakhir : "cmd.php", sebuah PHP Script cocok untuk instalasi yang lebih kecil, atau "Spine" (sebelumnya Cactid), sebuah C berbasis poller yang dapat skala untuk ribuan host.


  1. Memory Usage berfungsi untuk mengetahui memory yang dipakai oleh server, seberapa besar memory dari server tersebut terpakai.
  2. Logged in user berfungsi untuk mengetahui dari user yang terhubung kepada server tersebut.
  3. Processor berfungsi untuk mengetahui processor dari server tersebut.

Fitur-fitur cacti yang didapatkan sebagai berikut :
  • Jumlah  graph itern yang tidak terhingga, dapat didefinisikan untuk setiap graph secara optional dengan menggunakan CDEF atau data source dari Cacti.
  • Mendukung semua tipe graph dari RRDTools, termasuk ARXAq STACK LINEU--31, GPRINT, COMMENT, VRULE, dan HRULE.
  • Data source dapat dibuat dengan memanfaatkan fungsi "create" dan "update", yang terdapat pada RRDTool's.
  • Mendukung file RRD dengan lebih dari satu data source, dan dapat menggunakan sebuah RRD file yang disimpan di mana saja dalam suatu iocal fiIe system.
  • Memiliki tree view yang memudahkan user untuk membuat graph hierarchies, dan meletakkan graph dalam suatu tree.
  • Memiliki manajemen berbasis user, yang memudahkan administrator untuk menciptakan user, dan memberikan tipe permission yang berbeda antaruser.

 Konfigurasi Cacti

Disini Langsung saja agar simple dalam pembuatan tutorial maka anda seblum masuk ke dalam Cacti maka anda harus install terlebih dahulu di dalam sistem linux (ubuntu atau debian) caranya seperti di bawah ini Install Cacti dengan perintah sebagai berikut :

#apt-get install cacti 
Cek di browser dan masukan albahri.id/cacti isi user dan password sesuai keinginan kita. Contoh sebagai berikut :




  • Masuk pada CONSOLE => DEVICE. Ceklist device albahri dan beri action Enable. 




  • Lalu klik pada bagian device => albahri dan setting Hostname menjadi IP address contoh 192.168.33.2 debian dan Save. 




Lihat hasilnya di Graphs.  
#jika tidak muncul. Tunggu beberapa menit. 
#jika muncul seperti ini maka Cacti BERHASIL.



Kesimpulan

Jadi Cacti adalah salah satu software yang digunakan untuk keperluan monitoring yang banyak digunakan saat ini. Cacti menyimpan semua data / informasi yang diperlukan untuk membuat grafik dan mengumpulkannya dengan database MySQL. saran dari saya mengerjakannya harus teliti agar pada saat mencoba file yang kita install tadi di saat di linux  bisa di jalankan semoga tutorial dan pengertian ini bermanfaat bagi kalian yang beljar dan ingin mengetahui lebih dalam di linux salam dari saya Admin Comon Tech.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel