Konfigurasi Internet Gateway Pada Mikrotik

Comon Tech – Mungkin Kawan – kawan sudah tidah asing lagi nkan apa itu Internet Gateway nah di Sini saya ingin Menjelaskan apa intenet gateway dan praktek langsung dalam hardwarenya yaitu mikrotik, menurut saya mikrotik itu adalah sebuah perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (Software) yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer sebagai mengatur untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan lain –lain tapi disini saya tidak akan menjelaskan detail apa itu mirotik tapi di sini  saya ingin menjelaskan apa itu internet gateway.


Internet Gateway 

adalah suatu perangat yang menghubungkan jaringan komputer yang satu atau lebih jaringan komputer dengan media komunikasi yang berbeda sehinga informasi pada saat jaringan komputer di alihkan akan berbeda dengan media jaringan yang berbeda. Di era sekarang ini dimana internet sudah merajalela, seringkali pengertian dari pada gateway bergeser atau tidak lagi sama seperti awal pengertian, dan juga banyak orang yang mengaitkan atau menyamakan gateway ini dengan router yang sebetulnya keduanya memiliki kegunaan atau pengertian yang sedikit berbeda.

Internet Gateway juga dapat di artikan sebagai komputer yang daapat menghubungkan 2 buah jaringan atau lebih karena memiliki minimal 2 buah network interface. Untuk dapat menghubungkan 2 buah jaringan yang berbeda protokol nya, gateway harus mengkonversi setiap protocol yang berbeda pada setaip jaringan komputer sehingga dapat di hubungkan satu sama lain. Gateway yang berbeda protocol tidak bisa di sambungkan karen protocol nya yang berbeda, maka secara otomatis pada saat mengirim informasi dari komputer satu dengan komputer lainnya tidak dapat di akses, maka dari itu protocol nya harus di konversi kan agar dapat lancar mengakses suatu informasi dengan mudah.

Internet Gateway dapat menjadi jalan atau rute untuk menunjukan tujuan dari suatu alamat pada internet dan gateway dapat berfungsi layak nya router. Istilah dari gateway biasanya tertuju kepada hardware atau software yang menghubungkan dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, dan dapat mentransfer data yang berbeda beda. Contoh dari penggunaan gateway adalah email, dan email sendiri dapat mengirim data dengan sistem yang berbeda.
Jadi gateway bisa kita simpulkan sebagai jaringan komputer yang dapat menghubungkan 2 jaringan komputer atau lebih dan gateway dapat menghubungkan jauringan komputer yang berbeda artritektur (bangunan jaringan) atau yang berbeda pola topologi nya selain itu gateway juga dapat menghubungkan jaringan komputer yang sama besar atau jaringan komputer yang besar dengan jaringan yang sangat kecil

Konfigurasi Mikrotik


Pertama login winbox setelah itu klik ip terus klik address setalah masuk address tambahkan ip eth1, ether2 dan wlan seperti gambar di bawah ini : (catatan : ether 1 menggunakan dhcp client) Contoh : 
  • Ether 1 = 192.168.1.232/24 {Dhcp Client}
  • Ether 2 = 192.168.33.1/29
  • Wlan 1 = 111.111.33.1/24



Dan selanjutnya kita akan mengkonfigurasi Internet gateway yang sudah saya jelaskan tadi, mari kita simak dengan teliti agar tidak ada kesalahan sedikit pun.

Selanjutnya setelah mengatur ip kita atur firewall dan dns untuk membuat internet gateway  
[ Klik ip => klik firewall => pilih NAT => klik tanda + setelah itu atur out interface menjadi ether 1 dan atur action menjadi masquerade ]
Contoh seperti gambar di bawah ini :


Kesimpulan

Jadi Jadi gateway bisa kita simpulkan sebagai jaringan komputer yang dapat menghubungkan 2 jaringan komputer atau lebih dan gateway dapat menghubungkan jauringan komputer yang berbeda artritektur (bangunan jaringan) atau yang berbeda pola topologi nya selain itu gateway juga dapat menghubungkan jaringan komputer yang sama besar atau jaringan komputer yang besar dengan jaringan yang sangat kecil. Dan mengerjekan nya harus teliti dalam pengerjaan agar mengerjakan nya tidak ada kesalahan sedikit pun Betapa pentingnya kita memahami ilmu yang di berikan oleh guru maka dari itu jangan sampai kita tidak memahami apa yang kita butuhkan di suatu saat nanti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel