Konfigurasi DNS Server Pada Mikrotik

Comon Tech – Apa kabar kalian semua tentu baik baik saja nkan oke di sini saya akan menjelaskan apa itu Dns serta tutorial pada mikrotik. DNS atau Domain Name System adalah sebuah standar teknologi yang mengatur penamaan publik dari sebuah situs website, atau juga bisa disebut dengan sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host atau nama domain dalam bentuk distributed database didalam jaringan komputer. Dengan adanya DNS ini maka semua orang dapat menulis domain di web browser anda dan komputer anda akan menemukan domain tersebut di internet. Elemen Kunci dari DNS adalah seluruh DNS server di Dunia.


Apa Itu DNS server?????

Apakah DNS server itu ? DNS server adalah server komputer yang terhubung ke DNS.DNS server ini lah yang betugas untuk mengatur software network khusus yang memetakan alamat IP yang berisi database network hostname.ada 3 komponen dalam pengelolaan Server DNS:

Pertama, DNS Resolver yaitu sebuah program klien di komputer pengguna, yang membuat permintaan DNS dari program aplikasi. Kedua, Recursive DNS Server, yang melakukan pencarian melalui DNS sebagai tanggapan permintaan dari resolver, dan mengembalikan jawaban kepada para resolver tersebutKetiga,Authoritative DNS Server yang memberikan jawaban terhadap permintaan dari recursor, baik dalam bentuk sebuah jawaban, maupun dalam bentuk delegasi

DNS berperan sebagai jantung yang sangat penting bagi internet, karna setiap kali kita menggunakan internet maka saat itulah kita juga menggunakan DNS. Penggunaan DNS meluputi aplikasi – aplikasi yang terhubung ke internet. DNS dapat dianalogikan sebagai pemakaian buku telepon dimana orang yang ingin kita hubungi, berdasarkan nama untuk menghubunginya dan menekan nomor telefon berdasarkan nomor dari buku telepon tersebut. Hal ini terjadi karena komputer bekerja berdasarkan angka, dan manusia lebih cenderung bekerja berdasarkan nama

Fungsi dari DNS sendiri yaitu sebagai penerjemah hostname menjadi IP Address ataupun sebaliknya, hal ini membuat pengguna internet menjadi lebih mudah mengingatnya, DNS mempunyai 5 tingkatan level, yaitu Root Level Domains, Top Level Domains,Second Level Domains, Third Level Domains, dan terakhir Host Name.Sistem Nama Domain mendelegasikan tanggung jawab untuk menetapkan nama domain dan memetakan nama-nama itu ke sumber daya Internet dengan menunjuk server nama resmi untuk setiap domain. Administrator jaringan dapat mendelegasikan wewenang atas sub-domain dari ruang nama yang dialokasikan untuk server nama lain. Mekanisme ini menyediakan layanan terdistribusi dan toleran terhadap kesalahan dan dirancang untuk menghindari database pusat tunggal yang besar.

Konfigurasi DNS Server Di Mikrotik

Selanjutkan mengatur IP DNS dengan memasukan IP Address, sesuai Debian server atau berdasarkan Topologi yang sudah di sesuaikan. Dan Jangan lupa [Ceklis di Allow Remote Requests].
Contoh gambar sebagai berikut:



Kesimpulan

jadi Dns server itu adalah sebuah penerjemah Ip Addrress yang sudah kita buat. sudah tahu nkan apa itu Dns Server dan dalam pengerjaan di Mikrotik dan tentu mudah bukan??? dan saran saya dalam pengerjaan cukuplah teliti dan jangan sampai ada kesalahan sedikit dengan mnegatur ip adddress karena jika ada salah satu salah mengatur ip address maka akan terjadi nya kesalahan yang mengakibatkan tidak saling terhubung dari server ke client. oke sekian dari comon tech kurang lebihya mohon maaaf semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel